Diseminasi Hasil Riset/Kajian Perguruan Tinggi di Kabupaten Cilacap Tahun 2021

Cilacap – BAPPEDA Kab. Cilacap menggelar Diseminasi Hasil Riset/Kajian Perguruan Tinggi di Kabupaten Cilacap Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin – Rabu, 25 – 27 Oktober 2021 secara daring. Sebanyak 45 peserta mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari 29 OPD, 12 Perguruan Tinggi, dan 5 Perusahaan Swasta 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito, M.Si. dalam sambutanya beliau mengatakan “Selama ini Perguruan Tinggi belum pernah di fasilitasi untuk mendiseminasikan Hasil riset/kajian nya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap. Para peneliti dari Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Cilacap masih mempublikasikan hasil penelitianya di lingkungan internal Perguruan Tinggi saja. Penelitian dari Perguruan Tinggi yang ada di Cilacap belum diarahkan untuk membantu menangani permasalahan daerah Kabupaten Cilacap”

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi Perguruan Tinggi dalam menyampaikan hasil riset/kajian kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap. Adapun tujuan dari Kegiatan Diseminasi Hasil Riset/Kajian Perguruan Tinggi di Kabupaten Cilacap Tahun 2021 adalah Memberikan informasi terkait dengan hasil Riset Perguruan Tinggi yang potensial dalam menjawab permasalahan daerah kepada Perangkat Daerah dan dunia usaha di Kabupaten Cilacap, Mengimplementasikan Konsep Research Base Planning (Perencanaan Pembangunan Berbasis Riset) melalui integrasi hasil riset dalam dokumen perencanaan pembangunan pemerintah daerah serta Membangun sinergitas dan kolaborasi diantara Pemerintah Daerah kabupaten Cilacap, Perguruan Tinggi, dan Dunia Usaha dalam kerjasama mengatasi permasalahan daerah Kabupaten Cilacap.

Acara berlangsung selama 3 hari berturut-turut dengan Narasumber yang berbeda-beda. Dalam satu hari terdapat 4 peneliti dari 12 perguruan tinggi di Kabupaten Cilacap yang memaparkan hasil riset/kajiannya.

Pada hari Senin, 25 Oktober 2021 acara dipandu oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan, Ir. Lydia Retnoningsih, MA selaku Moderator, dengan materi sebagai berikut :

  1. “Strategi Manajemen Operational Expenditure (Opex) Untuk Meningkatkan Profit Usaha Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Budidaya Ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB) Pada Persatuan Peternak Ayam (PPA) Kabupaten Cilacap)” yang disampaikan oleh Aji Fany Permana dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Majenang.
  2. “Rancang Bangun Monitoring Early Warning System Bencana Banjir Berdasarkan Ketinggian Aliran Sungai Mengunakan Modul GSM 900 L Dan IOT” yang disampaikan oleh Erna Alimudin S.T.,M.Eng dari Politeknik  Negeri Cilacap (PNC)
  3. “:Analisis Sebaran Pencemaran Lindi (Leachate) Berdasarkan Sifat Kelistrikan Batuan Menggunakan Metode Geolistrik” yang disampaikan oleh Ninik Agustin dari Universitas Nadhlatul Ulama Al – Ghazali (UNUGHA) Cilacap.
  4. “Penerapan Konsep Fraud Pentagon Theory terhadap Kecenderungan Perilaku Academic Fraud Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Provinsi Jawa Tengah” yang disampaikan oleh Eri kristanto, S.Pd. M.Ak dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap

Lalu pada hari Selasa, 26 Oktober 2021 acara dipandu oleh Kasubbid Penelitian dan Pengkajian, Purwanto Kurniawan, S.T. selaku moderator, dengan materi sebagai berikut :

  1. “Penerimaan dan Penggunaan E-Learning pada masa Pandemi Covid-19 :Aplikasi Model UTAUT2” yang disampaikan Ngasifudin dari Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Majenang
  2. “Analisis fenomena nomophobia di SD Negeri Bengbulang 02” yang disampaikan oleh Alfi muklis Kurniawan dari Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Darussalam
  3. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Stmik Komputama Majenang” yang disampaikan oleh Dede Yusuf, M.Kom dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Komputama Majenang.
  4. “Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran berbasis GeoGebra terhadap Kemampuan Taruna/i dalam Memahami Aplikasi Matematika Maritim” yang disampaikan oleh Luthfiana Tarida, M.Pd dari Akademi Maritim Nusantara (AMN)

Selanjutnya pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 acara di pandu oleh Peneliti Bappeda Kabupaten Cilacap, Muhamad Husnul Maab, S.Sos., M.Si selaku moderator. Sebelum paparan dimulai, Beliau menyampaikan rencana Penyelenggaraan Jurnal Ilmiah Kelitbangan Daerah Kabupaten Cilacap dan dalam kesempatan ini memohon masukan dari para Stakeholder untuk penyempurnaan Grand Design Jurnal Ilmiah yang di ajukan. Adapun riset/kajian yang dipaparkan adalah sebagai berikut :

  1. “Manfaat Teknik Abdomen Exercise  untuk Percepatan Persalinan Beserta Inovasi Aplikasi Mobile “ABSES” yang disampaikan Lina Puspitasari, SST., MPH dari STIKES Graha Mandiri Cilacap (GMC)
  2. “Skrening Fitokimia Senyawa Kimia Aktif dan Uji Aktivitas Antioksidan Rhizophora mucronata Asal Pesisir Cilacap” yang disampaikan oleh apt. Nikmah Nuur Rochmah, M. Farm. dari Universitas Al-Irsyad Cilacap)
  3. “Formulasi Dan Uji Imunomodulator Sirup Ekstrak Kulit Buah Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)” yang disampaikan apt, Wahyunita Yulia Sari, M. Farm. dari STIKES Seruling Mas Cilacap
  4. “Identifikasi senyawa metabolit sekunder dalam tumbuhan kacang kayu (pigeon pea) dan pemanfaatannya sebagai antioksidan” yang disampaikan oleh Dini Nur Fauzia, M.Si. dari STT Migas Cilacap.

 

Dalam kegiatan ini, para akademisi berperan untuk menghasilkan ide/gagasan melalui riset/penelitian. Sedangkan dunia usaha diharapakan dapat memanfaatkan hasl riset para peneliti untuk diimplementasikan kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responcibility (CSR) sehingga berkontribusi secara nyata dalam penanganan masalah daerah. Kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi pada tahun depan dengan konsep yang lebih baik terkait materi, audiens, dan lain sebagainya. Selain itu, Bappeda Kabupaten Cilacap perlu menyelenggarakan pengelolaan Jurnal Ilmiah sebagai wadah publikasi hasil riset/kajian dari para peneliti di Kabupaten Cilacap.

Purwanto Kurniawan

Perkenalkan nama saya Purwanto Kurniawan kesibukan saya saat ini adalah sebagai PNS saat ini saya adalah seorang kontributor di E-litbang Kabupaten Cilacap.

Alamat

Jl. Kauman No.28B Cilacap Tengah, Kab.Cilacap 53212

Hubungi

+62282533797
+62 28253 3797

Email

kontak@bappeda.cilacapkab.go.id
admin@elitbang.cilacapkab.go.id

Jam Kantor

Senin - Jumat
08:00 AM - 16:00 PM