Bappeda Kabupaten Cilacap Laksanakan Pendampinan dan Pelatihan Teknis 6 Desa Inovasi di Kabupaten Ci

Cilacap, 21 Oktober 2021. Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap kembali mengadakan pelatihan teknis untuk 6 Desa Inovasi. Pelatihan dan pendampingan teknis kali ini dilaksanakan kepada Desa Inovasi Cisuru, Kecamatan Cipari pada 29 September 2021; Desa Inovasi Gentasari, Kecamatan Kroya pada 30 September 2021; Desa Inovasi Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun pada 12 Oktober 2021; Desa Inovasi Sarwadadi, Kecamatan Kawunganten pada 13 Oktober 2021, Desa Inovasi Pesanggrahan, Kecamatan Kroya pada 14 Oktober 2021 dan Desa Inovasi Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur pada 15 Oktober 2021. Pelatihan dan pendampingan tersebut bekerjasama dengan Perguruan Tinggi pendamping masing-masing Desa Inovasi yaitu STIMIK Komputama Majenang, STIKES Graha Mandiri Cilacap, Politeknik Negeri Cilacap, STIE Muhammdiyah Cilacap, STT Migas Cilacap, Universitas NU Al-Ghazali Cilacap dan Akademi Maritim Nusantara Cilacap serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, DISPORAPAR dan DPKUKM Kabupaten Cilacap.

Materi pelatihan dan pendampingan keenam Desa Inovasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing Desa Inovasi. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada Desa Cisuru disesuaikan dengan potensi produksi gula semut serta penguatan kewirausahaan dan digital marketing. Selanjutnya pelatihan dan pendampingan mengolah produk bahan jamu tradisional dan pemanfaatan lahan pekarangan diberikan kepada Desa Inovasi Gentasari sesuai dengan potensi jamu tradisional yang dimiliki. Sementara itu materi pendampingan dan pelatihan Desa Inovasi Widarapayung Wetan adalah praktek olahan pangan abon cabe, branding produk UMKM dan pengolahan hasil perikanan. Pelatihan dan pendampingan di Desa Inovasi Sarwadadi mengambil tema penguatan kelembagaan UMKM bertahan di masa Pandemi Covid-19 dan potensi ekowisata. Desa Inovasi Pesanggrahan dengan potensi pariwisata kampong durian mendapatkan pelatihan dan pendampingan pengembangan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif. Selanjutnya materi pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada Desa Inovasi Hanum adalah digital marketing melalui youtube dan pengembangan desa berbasis pariwisata.

Peserta pelatihan dan pendampingan teknis sangat antusias dalam mengikuti acara. Antusiasme peserta terlihat dalam diskusi dan tanya jawab baik ketika paparan narasumber maupun ketika praktek langsung dalam pelatihan. Masyarakat berharap melalui pelatihan yang diberikan akan bermanfaat dalam pengembangan ekonomi dan mewujudkan masing-masing desa inovasi menjadi desa

Purwanto Kurniawan

Perkenalkan nama saya Purwanto Kurniawan kesibukan saya saat ini adalah sebagai PNS saat ini saya adalah seorang kontributor di E-litbang Kabupaten Cilacap.

Alamat

Jl. Kauman No.28B Cilacap Tengah, Kab.Cilacap 53212

Hubungi

+62282533797
+62 28253 3797

Email

kontak@bappeda.cilacapkab.go.id
admin@elitbang.cilacapkab.go.id

Jam Kantor

Senin - Jumat
08:00 AM - 16:00 PM