Sosialisasi Hasil Pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kabupaten Cilacap Tahun 2021

Cilacap-Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Sosialisasi Hasil Pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kabupaten Cilacap Tahun 2021 pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 bertempat di ruang rapat Bappeda Kabupaten Cilacap Jalan Kauman No 28 B. Acara sosialisasi ini dihadiri 30 orang yang terdiri dari unsur Akademisi (Jaringan Penelitian Kabupaten Cilacap) dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap. Sosialisasi IDSD ini diselenggarakan bertujuan untuk menginformasikan hasil pengukuran nilai IDSD pada tahun 2021.

Acara sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Sub Bidang Penelitian dan Pengkajian, Bapak Purwanto Kurniawan, S.T. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa IDSD merupakan alat yang penting untuk menilai keberhasilan suatu daerah untuk dapat bersaing dengan daerah lain dan mendukung daya saing nasional. Pengukuran IDSD diharapkan menjadi salah satu dasar utama penyusunan dan penetapan kebijakan nasional maupun daerah yang mendorong sinergi program antar sektor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kepemimpinan daerah yang inovatif.

Adapun nilai IDSD Kabupaten Cilacap tahun 2018-2021 adalah sebagai berikut, pada tahun 2018 mendapatkan skor 4,123 (nilai maksimal 7) dengan kategori sedang, selanjutnya pada tahun 2019 mendapatkan skor 5,425 (nilai maksimal 12) dengan kategori sedang, kemudian pada tahun 2020 mendapatkan skor 3,26 (nilai maksimal 5) dengan kategori tinggi. Selanjutnya dari hasil pendataan Kemenristek/BRIN pada tahun 2021, nilai IDSD Kabupaten Cilacap termasuk dalam kategori tinggi dengan skor 3,08 (nilai maksimal 5). Nilai IDSD tersebut didapatkan dari 4 aspek pembentuknya, yakni aspek ekosistem inovasi (skor 2,5), aspek penguat/enabling environment (skor 3,2),  aspek SDM/human capital (skor 3,3), dan aspek pasar/market (skor 3,3). Daya saing daerah Kabupaten Cilacap dikuatkan oleh tiga aspek, yakni aspek penguat/ enabling environment, aspek SDM dan aspek pasar. Adapun aspek ekosistem inovasi masih menjadi kendala yang perlu memperoleh perhatian lebih, khususnya dalam pilar kapasitas inovasi.

Dalam kesempatan tersebut, dihadirkan narasumber dari Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (UNSOED) yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Magister Administrasi publik pada FISIP UNSOED yaitu Dr. Slamet Rosyadi, S.Sos., M.Si. yang menyampaikan materi mengenai Strategi Peningkatan Nilai IDSD Kabupaten Cilacap. Dalam paparannya Dr. Slamet Rosyadi, S.Sos., M.Si memberikan strategi-strategi terhadap nilai indikator IDSD yang masih rendah. Strategi tersebut antara lain :

  1. Memangkas waktu pengurusan izin memulai berusaha menjadi kurang dari 3 hari.
  2. Kemitraan dengan perguruan tinggi setempat untuk mengembangkan riset-riset kebijakan dan teknologi yang dapat diadopsi oleh UMKM. Bisa difasilitasi dengan skema Riset Unggulan Daerah.
  3. Membangun forum kolaborasi litbang daerah yang melibatkan pemerintahan, perguruan tinggi dan dunia usaha di Kabupaten Cilacap

Purwanto Kurniawan

Perkenalkan nama saya Purwanto Kurniawan kesibukan saya saat ini adalah sebagai PNS saat ini saya adalah seorang kontributor di E-litbang Kabupaten Cilacap.

Alamat

Jl. Kauman No.28B Cilacap Tengah, Kab.Cilacap 53212

Hubungi

+62282533797
+62 28253 3797

Email

kontak@bappeda.cilacapkab.go.id
admin@elitbang.cilacapkab.go.id

Jam Kantor

Senin - Jumat
08:00 AM - 16:00 PM