KKN UGM Periode 2 Tahun 2021 JT080 “Kala Carita” bekerjasama dengan Bappeda Kab. Cilacap dan INDI UG

alam rangka acara puncak kegiatan KKN PPM UGM Periode 2 tahun 2021 yang dimulai dari 5 Juli – 23 Agustus 2021, Tim mahasiswa KKN PPM UGM JT080 “Kala Carita” Kampung Laut Cilacap bekerjasama dengan Bappeda Kab. Cilacap dan INDI UGM mengadakan Webinar Nasional yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 secara daring.

Tujuan kegiatan dari acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat umum mengenai kemandirian masyarakat menuju ekonomi kreatif melalui optimalisasi potensi Kampung Laut. Dengan Narasumber Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito, M.Si dan Ketua INDI UGM, Prof. Dr. Ir. Edia Rahayuningsih, M.S.

Kecamatan Kampung Laut termasuk salah satu gugusan pulau yang berada di Laguna Segara Anakan. Oleh karena itu, potensi dari Kampung Laut cukup banyak yang dapat dimanfaatkan, seperti mangrove, ekowisata, boga bahari, batik, dan yang lainnya. Potensi dari Kampung Laut ini, jika dioptimalisasikan dapat menjadi bentuk ekonomi kreatif yang nantinya mendorong kemandirian masyarakat.

Kemudian, salah satu potensinya, yaitu mangrove dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami. Hal ini akan menjadi keuntungan produsen batik khas Kampung Laut maupun UMKM lainnya yang membutuhkan pewarna. Selain itu, mangrove di Kampung Laut juga dapat menjadi ekowisata di Indonesia. Hal ini juga dapat menjadi keuntungan untuk Kampung laut jika dimanfaatkan dengan baik.

Purwanto Kurniawan

Perkenalkan nama saya Purwanto Kurniawan kesibukan saya saat ini adalah sebagai PNS saat ini saya adalah seorang kontributor di E-litbang Kabupaten Cilacap.

Alamat

Jl. Kauman No.28B Cilacap Tengah, Kab.Cilacap 53212

Hubungi

+62282533797
+62 28253 3797

Email

kontak@bappeda.cilacapkab.go.id
admin@elitbang.cilacapkab.go.id

Jam Kantor

Senin - Jumat
08:00 AM - 16:00 PM