Pemkab Cilacap Berikan Penghargaan Juara Lomba Desa Inovasi Tahun 2021

Cilacap, 2 Desember 2021. Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap memberikan penghargaan bagi Juara Lomba Desa Inovasi Kabupaten Cilacap Tahun 2021. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, ST, MM dengan didampingi oleh seluruh Asisten Sekda dan Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap kepada 6 (enam) Kepala Desa Inovasi terbaik yaitu Desa Gentasari, Kecamatan Kroya; Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun; Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur; Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung; Desa Maos Lor, Kecamatan Maos dan Desa Cisuru, Kecamatan Cipari. Penerima penghargaan menerima piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito, M.Si dalam laporan pelaksanaan kegiatan Desa Inovasi mengatakan Pemerintah Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan 12 (dua belas) Perguruan Tinggi di Kabupaten Cilacap telah melaksanakan program pendampingan dan pelatihan yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh Desa Inovasi, untuk selanjutnya dapat menjadi Desa Mandiri. Terkait dengan Lomba Desa Inovasi, Kepala Bappeda menjelaskan tujuan dari Lomba Desa Inovasi untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pendampingan Desa Inovasi dan memberikan penghargaan kepada Desa Inovasi yang telah berhasil menerapkan inovasi dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan budaya inovasi  Desa.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekda Kab. Cilacap mengamanatkan Desa Inovasi harus mampu menjadi role model pembangunan bagi desa-desa lainnya untuk dapat menghasilkan inovasi unggulan sesuai dengan potensi sumber daya yang dimiliki, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Selain itu juga diharapkan pendampingan dari Perguruan Tinggi terus berlanjut sampai seluruh Desa Inovasi dapat menjadi Desa Mandiri. Sebelum mengakhiri sambutannya Sekda Kabupaten Cilacap menyampaikan arahan pemberian dana Bantuan Khusus bagi keenam Juara Lomba Desa Inovasi di tahun 2022 untuk pengembangan Desa Inovasi menuju Desa Mandiri.

Abdul Aziz

Perkenalkan nama saya Abdul Aziz kesibukan saya saat ini adalah sebagai Mahasiswa saat ini saya adalah seorang kontributor di E-litbang Kabupaten Cilacap.

Alamat

Jl. Kauman No.28B Cilacap Tengah, Kab.Cilacap 53212

Hubungi

+62282533797
+62 28253 3797

Email

kontak@bappeda.cilacapkab.go.id
admin@elitbang.cilacapkab.go.id

Jam Kantor

Senin - Jumat
08:00 AM - 16:00 PM